About Us

Welcome to our site !!! Please enjoy it . . . *^o^*

Selasa, 02 Oktober 2012

Workshop Minyak Atsiri Ilmu Kimia UII

Oleh: Nefri Yandi

B
ertepatan pada hari Sabtu, 22 September 2012, jurusan Ilmu Kimia FMIPA UII mengadakan acara Workshop Minyak Atsiri yang bertempat di CEOS (Center of Essential Oils Studies/Pusat Studi Minyak Atsiri)-belakang kampus MIPA. Acara yang dihadiri lebih dari 80 Mahasiswa/i Ilmu
Kimia UII angkatan 2012 ini, memberikan pengetahuan dan pengarahan tentang proses produksi minyak atsiri. Acara tersebut dibuka dengan pembacaan Kalam Ilahi yang dibacakan oleh Nurhasanah, mahasiswi angkatan 2012.
                Dalam sambutannya, kaprodi Ilmu Kimia UII, Riyanto, PhD., menyampaikan bahwa bisnis yang bergerak di bidang minyak atsiri ini memiliki saingan yang sangat sedikit. Dan hal ini akan sangat menguntungkan bagi seorang ahli kimia, dimana saingan-saingannya kebanyakan adalah petani-petani yang kurang mengerti tentang ilmunya.
                Acara Workshop ini menghadirkan tiga pembicara. Riyanto, PhD. (Kaprodi Ilmu Kimia) sebagai pembicara pertama memberikan materi yang berjudul Produk Turunan Minyak Atsiri dan Potensi Pasar. Beliau merupakan pengganti Prof. Hardjono Sastrohamidjojo yang kebetulan tidak bisa hadir pada hari itu. Kemudian Dwiarso Rubiyanto, M.Si., sebagai pembicara kedua menjelaskan tentang Sumber dan Proses Produksi Minyak Atsiri. Ternyata sumber-sumber minyak atsiri itu sangatlah banyak. Di Indonesia saja terdapat puluhan sumber minyak atsiri. Dalam materi yang disampaikannya, beliau juga menjelaskan bahwa minyak atsiri itu memiliki banyak kegunaan yaitu sebagai aromaterapi, bahan pembuatan sabun & kosmetik, flavour & fragrance, bahan obat-obatan, pasta gigi, insektisida/bio pesticide, bahan mentah & intermediet.
                Pembicara terakhir adalah alumni Ilmu Kimia UII, Martsiano W.D., S.Si. Beliau menyampaikan materi Peluang Bisnis Minyak Atsiri. “Bisnis Minyak Atsiri ini adalah cara alternatif untuk menjadi kaya selain ngepet, tuyul, dll” ujarnya.
                Setelah pembicara terakhir menyelasaikan materi yang disampaikannya, para peserta Workshop dibagi menjadi 6 kelompok untuk mengikuti pelatihan produksi minyak atsiri. Pelatihan ini dipandu langsung oleh 7 Mahasiswa Ilmu Kimia angkatan 2011. Proses produksi minyak atsiri ini memiliki tahap-tahap yang berbeda dari setiap bahan bakunya. Para peserta sangat antusias dengan acara ini. Kelompok putra yang mengikuti pelatihan penyulingan (distilasi) minyak nilam sangat bersemangat, sehingga pada saat proses mereka terlebih dahulu menghidupkan api sebelum memasukkan air ke dalam boiler. Akibatnya, api yang dihidupkan terpaksa harus dimatikan terlebih dahulu. Akan tetapi kesalahan ini akan menjadi pelajaran yang berharga bagi mereka.
“Acara ini bertujuan untuk memotivasi mahasiswa, memberikan pemahaman, pengetahuan, keterampilan di dalam mengembangkan minyak atsiri, mahasiswa dapat melakukan penelitian sendiri dan dapat berwirausaha di bidang minyak atsiri,” ujar Riyanto, Ph.D. Beliau juga berharap agar mahsiswa/i angkatan 2012 ini tetarik dan mau berwirausaha di bidang minyak atsiri.
Pada akhirnya acara workshop serta pelatihan ini sukses diadakan dengan berhasilnya para peserta mendapatkan hasil minyak atsiri yang telah di distilasi. Hasil yang di dapat itu akan dianalisis pada Sabtu, 29 September 2012 mendatang dalam acara Workshop Instrumentasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar