About Us

Welcome to our site !!! Please enjoy it . . . *^o^*

Minggu, 12 Januari 2014

Training Organization : “EMOTION” for Us!

Oleh : Febria Suryaningrum



Minggu, 22 Desember 2013, training organisasi yang diadakan oleh divisi PPSDM HMK ini bertepatan dengan hari Ibu. Kegiatan yang rutin diselengggarakan tiap tahun ini, kali ini mengusung tema “EMOTION” energy of motivation dan organization. Maksud dari tema ini sendiri adalah memotivasi peserta yang notabene-nya adalah mahasiswa angkatan 2013 tentang organisasi dan pengenalan kepada mereka tentang lembaga-lembaga organisasi yang ada dalam universitas. Sedangkan tujuan umum dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan keorganisasian yang seimbang dengan akademik.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 wib ini dibuka dengan sambutan dari Kaprodi Ilmu Kimia, Bapak Riyanto Ph.D, Ketua HMK, Nefri Yandi dan Ketua Panitia Training Organisasi, Sucia Mutia. Kegiatan training organisasi sendiri diisi dengan rangkaian cara penyampaian materi terkait manfaat berorganisasi dan keorganisasian ditingkat fakultas maupun universitas.  Acara ini mendatangkan Bapak Thorikul Huda sebagai pembicara untuk materi motivasi keorganisasian, dari HMK yang menjelaskan tentang organisasi internal dan IKAHIMKI yang memaparkan serta mengenalkan kepada angkatan baru tentang organisasi mahasiswa kimia eksternal (nasional).



Selain penyampaian materi, pihak panitia juga mengadakan outbond untuk menjelaskan prinsip dari keorganisasian melalui games. Kegiatan ini diharapkan mampu membuka wawasan mahasiswa angkatan 2013 tentang keorganisasian. Bahwa seorang mahasiswa diharapkan untuk tidak saja bagus dalam bidang akademik namun juga mempunyai kemampuan soft skill, salah satunya yakni dengan turut serta dalam organisasi.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi motivasi mereka untuk mengikuti organisasi internal dan eksternal, karena training organisasi ini merupakan langkah awal untuk mengikuti oranisasi internal dan eksternal tersebut” tutur Sucia Mutia selaku Ketua Panitia Training Organisasi tersebut.


Diluar dari semua itu, Kegiatan tahunan ini tentu saja membutuhkan persiapan yang cukup matang. Acara training organisasi ini akhirnya berjalan lancar, baik-baik saja dan terkendali, meski mempunyai kekurangan yakni acara pembukaan yang terlambat 30 menit dan pembentukan panitia yang begitu mepet, kurang dari satu minggu. Meskipun terlambatnya acara dan pembentukan panitia yang mepet, berkat kerjasama dan koordinasi diantara panitia yang bagus, akhirnya acara training organisasi ini berjalan dengan lancar. Acara ini lalu ditutup dengan pembagian sertifikat untuk para peserta yang hadir oleh pihak panitia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar