About Us

Welcome to our site !!! Please enjoy it . . . *^o^*

Rabu, 22 Januari 2014

Calon Rektor UII Diharapkan Bawa Nilai Keunikan dalam Pengembangan Kampus



Susksesi kepemimpinan di Universitas Islam
Indonesia (UII) saat ini telah sampai pada tahap penyampaian arahan strategis UII bagi para calon rektornya yang berlangsung pada Kamis (22/1). Panitia pemilihan rektor UII periode 2014-2018 mengundang 5 calon rektor terpilih untuk hadir di Ruang Sidang pengurus Yayasan Badan Wakaf (PYBW) UII Jl. Cik DitiroYogyakarta guna mencermati arahan langsung dari PYBW UII. Seperti disampaikan oleh Dr. Lutfi Hasan, MS, selaku ketua PYBW bahwa penyampaian arahan strategis bukan sekedar formalitas tetapi sebagai acuan dalam penyusunan action plan pada 4 Februari 2014 mendatang dan juga sebagai gambaran dalam penysunan rencana strategis (renstra) bagi rektor terpilih. Diharapkan melalui arahan inidapat terbangun sinergisitas hubungan antara Pembina, Pengawas, dan Pengurus Yayasan.
“Kita berharap sejak awal terbangun hubungan yang in line mulai dari arah strategis yayasan sampai ke penyusunan renstra dan seterusnya, sehingga semuanya dapat berjalan sinergis.” Jelasnya.
Lebih lanjut Lutfi menjelaskan bahwa salah satu aspek penting yang harus diterjemahkan oleh para calon rektor, baik dalam penyusunan action plan maupun renstra bagi rektor terpilih adalah orientasi untuk menjadikan keunikan sebagai keunggulan dalam pengembangan UII. Hal ini guna menyelaraskan dengan arahan jangka panjang dari PYBW mulai tahun 2008 sampai tahun 2023.
Melalui nilai-nilai keunikan yang dimiliki oleh UII nantinya diharapkan akan menempatkan UII sebagai perguruan tinggi yang siap bersaing dengan perguruan tinggi lain. “Arah pendidikan di UII tahun 2013-2018 diarahkan pada sesuatu yang unik untuk menjadi keunggulan(excellences) bagi universitas yang berbeda dengan institusi lain” ungkapnya.
Adapun nilai keunikan yang dimaksud, menurut Lutfi salah satunya adalah dengan meneguhkan nilai ke-Islaman seperti yang dicita-citakanfounding fathers UII. Oleh karena itu, untuk lima tahun ke depan diharapkan calon rektor untuk fokus pada nilai-nilai Islam sebagai keunggulan. Penekanan nilai Islam diharapkan akan melahirkan generasi-generasi yang berintegritas baik dari segi intelektual dan keagamaan. Selain itu, dengan mengunggulkan nilai-nilai ke-Islaman, diharapkan juga lima tahun ke depan UII mampu berkontribusi dalam berbagai hal sesuai dengan visinya. Sebab eksitensi UII ditunggu oleh umat mengingat keberadaan UII sebagai perguruan tinggi yang netral tentu akan lebih fair dalam terlibat dalam berbagai aktifitas sosial.
“UII diharapkan dapat berperan banyak lewat forum-forum dunia ke-Islaman dengan membawa jati diri Islam di UII, sehingga nilai mulia ini benar-benar berjalan implementatif,” tegasnya.
Guna memberikan kemudahan calon rektor dalam menyampaikan action plan-nya, maka pihak PYBW memberikan kerangka penyampainnya dimulai dari Pendahuluan, SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, and threats) analysis, dan ditutup dengan action plan 2014-2018.
Sementara itu, Ketua Pemilihan Rektor UII Dr. Abdul Jamil, SH, MH dalam paparannya menyampaikan action plan sebagai salah satu tahapan yang wajib dilalui dalam pemilihan rektor di UII. Masing-masing calon rektor wajib menyampaikan action plan-nya yang rencananya akan dilangsungkan di Auditorium Abdul Kahar Mudzakkir, Kampus terpadu UII pada 4 Februari mendatang.
Turut hadir dalam penyampaian arahan strategis tersebut, adalah kelima calon rektor UII yaitu, Prof. Drs. Hadri Kusuma, MBA, DBA, Prof. Ir. Mochamad Teguh, MSCE., Ph.D, Nandang Sutrisno, SH, M.Hum, LLM, Ph.D, Prof. Jawahir Thontowi, SH., Ph.D, Prof. Ir. Sarwidi, MSCE., Ph.D., IP-U, dan pengawas PYBW UII.


Sumber : www.uii.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar