About Us

Welcome to our site !!! Please enjoy it . . . *^o^*

Jumat, 10 Januari 2014

Prodi Ilmu Kimia UII Raih Akreditasi A



Setelah berhasil meraih akreditasi institusi “A”, Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menorehkan prestasi. Kali ini, prodi Ilmu Kimia UII yang sebelumnya di tahun 2008 terakreditasi “B”, berhasil meningkat menjadi “A” di tahun 2013 berdasarkan SK BAN PT No. 211/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/X/2013.
Raihan akreditasi ini semakin membanggakan, mengingat dari 73 prodi Ilmu Kimia yang ada di Indonesia, hanya 10 prodi yang memperoleh akreditasi “A” dari BAN-PT dan prodi Ilmu Kimia UII menjadi satu-satunya perwakilan PTS yang berhasil meraihnya.
Capaian membanggakan ini bukanlah hal yang instan, melainkan dicapai lewat proses dan melalui by design yang matang. Sejak berdiri pada tahun 1996, prodi Ilmu Kimia UII terus memperbaiki akreditasinya dan mengakselerasi perkembangannya hingga tercapai akreditasi A.
Dikatakan Rektor UII Prof Dr Edy Suandi Hamid, M.Ec, capaian ini sekaligus semakin melengkapi kualitas prodi-prodi di lingkungan UII yang sebagian besar telah mengantongi akreditasi “A”. Hal ini juga menjadi bukti bagaimana pengembangan prodi di lingkungan UII betul-betul diarahkan untuk memenuhi akuntabilitasnya kepada publik melalui kualitas akademik yang baik.
“Akreditasi semata-mata bukan dipahami sekadar upaya menggugurkan tanggung jawab guna mematuhi peraturan pemerintah sesuai dengan undang-undang nomor 12 tentang pendidikan tinggi,” kata Edy Suandi Hamid, Jum’at (8/11) pagi.
Ditambahkan Ketua Prodi Ilmu Kimia UII Riyanto, M.Si, Ph.D, raihan akreditasi “A” merupakan hasil kerja keras dari segenap civitas akademika di prodinya yang meliputi dosen, karyawan dan mahasiswa. Banyak elemen dari akreditasi yang meraih penilaian tinggi dari BAN-PT. “Hal ini tentunya telah kita persiapkan dengan matang,” tutur Riyanto.
Dalam aspek kerja sama internasional, prodi Ilmu Kimia UII dikenal tidak hanya menjalin relasi dengan universitas di tanah air, namun juga universitas asing ternama. Dosen-dosennya banyak terlibat dalam joint-research dengan para peneliti dari universitas lain, seperti Curtin University Australia. “Jadi tidak hanya sekadar MoU namun langsung action,” tandas Riyanto.
Selain itu, dosen-dosen prodi Ilmu Kimia UII juga aktif menghasilkan berbagai penelitian dan inovasi produk kimia, di antaranya penelitian tentang minyak atsiri, yang telah memperoleh hak paten dan turut mendongkrak raihan akreditasi institusi UII sebelumnya.
Sedangkan dari sisi kelengkapan sarana dan prasarana, prodi Ilmu Kimia UII telah didukung laboratorium yang canggih dan tersertifikasi oleh lembaga internasional. Memiliki laboratorium terpadu yang telah mengantongi sertifikat internasional ISO 9001:2008 dan menjadi salah satu pelopornya.
Lulusan prodi Ilmu Kimia UII banyak diminati kalangan industri. Sebab, dinilai memiliki kualifikasi yang mumpuni. Rata-rata lulusan langsung terserap di dunia kerja dalam waktu kurang dari 6 bulan pasca kelulusannya. Bahkan ada pula yang telah mendapat panggilan kerja sebelum lulus.
Sumber : http://berita21.com/prodi-ilmu-kimia-uii-raih-akreditasi-a/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar