About Us

Welcome to our site !!! Please enjoy it . . . *^o^*

Jumat, 10 Januari 2014

Training Jurnalistik : Ilmu baru untuk mahasiswa Ilmu Kimia


Oleh : Febria Suryaningrum

Jumat, 22 November 2013 program studi Ilmu Kimia menggelar acara “Training Jurnalistik”. Acara yang dimulai pukul 13.30 dan bertempat pada auditorium FTSP ini dihadiri oleh banyak mahasiswa Ilmu Kimia, baik angkatan 2013, 2012, 2011 maupun 2010. Training yang ditujukan untuk melatih kemampuan menulis mahasiswa ini mendatangkan pembicara yang merupakan seorang Jurnalis berpengalaman, Pambudi Wicaksono S.HI. kesempatan yang diberikan oleh Kaprodi ini tentu saja merupakan kesempatan emas. Kapan lagi kita mendapat pengetahuan tentang tulis-menulis khususnya menulis berita atau jurnalistik ini? Ilmu yang tentu tidak akan didapat dibangku  di bangku  kuliah ini sangat menarik untuk diikuti karena manfaat yang diperoleh. Kita bisa menjadi jurnalis masyarakat dan tanggap akan berita-berita dan kejadian terbaru yang ada dalam masyarakat.
Selama training berlangsung, respon dari para mahasiswa sangat antusias. Terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan terkait dengan materi yang disampaikan. Pemateri juga sempat memberikan kesempatan kepada peserta untuk membuat contoh naskah berita yang singkat dan jelas. Karena untuk dapat memahami materi jurnalistik kita tidak bisa hanya dengan mendengarkan, melainkan harus praktik langsung dalam menulis dan menyusun berita.
Acara yang dibuka oleh Dosen kimia, Rudy Syah Putra ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan otak kanan mahasiswa. Diharapkan pula acara seperti ini akan berlangsung secara kontinyu, paling tidak satu tahun sekali. Mungkin juga, durasi training bisa diperpanjang menjadi 1-3 hari pelatihan untuk memperdalam ilmu jurnalistik. Karena kita mengharapkan mahasiswa kimia yang tidak hanya terampil didalam Laboratorium, namun juga mempunyai keahlian dibidang lain, menulis berita adalah salah satunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar