About Us

Welcome to our site !!! Please enjoy it . . . *^o^*

Jumat, 10 Januari 2014

Bakti Sosial HMK di Panti Asuhan Ghifari


Merajut Cinta di Panti Asuhan Ghifari 
oleh : Zulfa Zuhrufa 



            (5/01/2014)-Desa Giri Kerto, Sleman. Sebanyak 32 orang anak panti asuhan Ghifari menyambut dengan suka cita kedatangan Mahasiswa Kimia Universitas Islam Indonesia pada acara bakti sosial dalam rangka program kerja Himpunan Mahasiswa Kimia divisi Humas bekerja sama dengan Komunitas Peduli anak jalanan (ANODA).

            Pukul 09.30 WIB acara dimulai ditandai dengan pembukaan kalam Illahi oleh Muhammad Asyrofi Anshori (Mahasiswa Kimia Angkatan 2012) , dilanjutkan dengan sambutan dari pengurus panti, Marwanto. Setelah itu, panitia bergegas untuk membagi menjadi empat kelompok yang terdiri dari adik -adik panti dan mahasiswa Kimia. Masing - masing kelompok menampilkan yell-yell. Antusiasme peserta terlihat pada saat games dimulai, salah satu games yang sangat menarik adalah membuat menara yang kokoh dan tinggi dengan menggunakan sedotan dan selotipe. Ada menara yang berwarna kuning, merah, hijau dan biru. Pada games ini diharapkan kerjasama yang baik antar anggota setiap kelompok. games lainnya seperti kain ajaib dan benteng takeshi pun ikut meramaikan acara pagi itu.


"Acara ini merupakan salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu, ini merupakan implementasi dari catur dharma UII yakni Rahmatan Lil 'Alamin", tutur Nefri Yandi selaku ketua Himpunan Mahasiswa Kimia UII " ini juga sebagai fungsi nyata Mahasiswa menjadi agent of change dalam mengabdi kepada masyarakat", tambahnya.


* Mengenal lebih dekat Panti Asuhan Ghifari

            Berawal dari terjadinya letusan gunung merapi tahun 1994 yang memakan banyak korban jiwa sehingga banyak anak-anak kecil yang kehilangan orang tua mereka. Awalnya bangunan panti menjadi hunian para korban letusan merapi. Para korban mendapatkan pembiayaan total dari yayasan Ghifari. Saat ini, bangunan tersebut digunakan menjadi Panti Asuhan anak yang bernama Ghifari.

            Didirikan pada 4 April 2000 terletak di Dusun Giri Kerto, Turi, Sleman, saat ini panti asuhan ghifari memiliki anak asuh berjumlah 32 orang. Panti asuhan yang disyahkan oleh dinas sosial pada tahun 2002 tersebut merupakan panti asuhan yang paling dekat dengan merapi, hanya sekitar 10 km.

            Saat ini panti asuhan Ghifari mendapatkan sumber dana dari yayasan ghifari , dinas sosial dan bekerjasama dengan beberapa instansi seperti Universitas Islam Indonseia dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. "Kami memang Bekerjasama dengan instansi yang seakidah, karena di daerah pakem-turi kerap terjadi kristenisasi" , Ungkap Marwanto. Inilah fakta yang seharusnya membuka mata bahwa saudara kita diluar sana masih membutuhkan uluran tangan. Karena, bersedekah itu tidak harus menunggu kaya, kan ? /zie



*
Mengenal ANODA

ANODA lahir pada Maret 2013, merupakan sebuah komunitas yang terbentuk karena keresahan mereka terhadap anak jalanan. Anggota ANODA terdiri dari 25 orang yang terdiri dari mahasiswa Universitas Islam Indonesia dan Universitas Mercu Buana. Kebanyakan dari mereka merupakan mahasiswa jurusan psikologi Univesitas Islam Indonesia, termasuk ketua ANODA, Syamsul Arizki.
Untuk kedepannya , ANODA akan mengadakan bimbel gratis untuk anak-anak yang kurang mampu mengingat mahalnya biaya untuk merasakan bimbel di lembaga khusus.
bagaimana ? teman-teman tertarik untuk menjadi tutor sukarela?
contact us for more info
pin BB :  7482BF3A (Liya)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar