About Us

Welcome to our site !!! Please enjoy it . . . *^o^*

Rabu, 25 Desember 2013

Kimia Keramik : Wirausaha MAUBISA

Oleh : Imam Sahroni

Wirausaha telah menempati salah satu bagian paling penting dari sisi kehidupan manusia. Kehadirannya mampu menggenapi kebutuhan primer yang semua yang diperlukan oleh masyarakat. Akhirnya, semua orang tampak beramai-ramai untuk turut serta dalam berwirausaha, baik itu sebagai produsen ataupun konsumen. Tak mengherankan apabila gagasan berwirausaha makin hari makin tumbuh bak cendawan di musim hujan.

Salah satu aspek penting dari sebuah kegiatan berwirausaha adalah konsep dan bahan dasar dari jenisnya. Inovasi menjadi bagian yang tak bisa terpisahkan. Sebab-sebab inilah yang membuat Imam Sahroni (Kimia, 2010), Fachri Cahyana (Kimia, 2010), Adini Az Zuhro (Kimia, 2012), Dita Anggraeni (Kimia, 2012), dan Novita Indriassari tertarik untuk mengaplikasikan ilmu kimia dalam berwirausaha.

Inovasi yang telah mereka lakukan dalam berwirausaha adalah membuat kerajinan keramik berbahan tanah liat dengan penambahan bahan-bahan kimia tertentu. Mereka menerapkan bahan kimia dalam hal teknik pengglasiran, yaitu proses finishing kerajinan keramik. “Penambahan bahan kimia seperti titatium, cupper, dan natrium adalah untuk menghasilkan produk keramik dengan jenis warna yang unik, ” ucapan Roni sebagai ketua tim. “Hasilnya, produk keramik menjadi lebih unik dan terlihat mempersona,” tambahnya.

Maubisa berarti Mahasiswa Wirausaha Bina Desa. Ini artinya wirausaha yang mereka jalankan selain untuk mengaplikasikan ilmu kimia yang telah mereka pelajari, namun juga untuk melatih suatu masyarakat di desa agar giat dalam berwirausaha. Wirausaha yang mereka jalankan mendapat support dari Kopertis Wilayah 5 Yogyakarta dalam hal pendanaan. Mereka terbentuk dalam satu tim wirausaha “MAUBISA”.

Produk-produk keramik dengan bahan kimia yang mereka produksi saat ini telah dipasarkan untuk khalayak umum. Salah satunya, jika mengunjungi “Mirota Batik” lantai 2 yang berada di Jl. Malioboro akan ditemukan produk mereka telah berjajar rapi duduk di gerai-gerai penjualan. Selain itu, dalam hal pemasaran mereka juga telah membuat gerai bisnis online yang dapat ditemui melalui laman www.genieceramic.com

Ke depan, harapan besar yang ditaruh dari wirausaha “Maubisa” ini adalah dapat menularnya gairah berkreasi bagi seluruh mahsasiswa Ilmu Kimia berdasarkan kemampuan mereka masing-masing. “Berwirausaha membutuhkan kemauan kuat dalam menjalankannya, maka jangan kembangkanlah ilmu yang kita miliki agar kita mempunyai banyak ide untuk berinovasi, ” pungkas Roni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar