About Us

Welcome to our site !!! Please enjoy it . . . *^o^*

Selasa, 24 Desember 2013

Workshop Safety Lab : Modal awal mahasiswa baru untuk ‘bertarung’ dengan bahan kimia




 Oleh :Astry Farhatun Nisa


Laboratorium adalah tempatnya bahan kimia berbahaya mangkal. Tapi seringkali kita melakukan hal-hal konyol di sana yang dapat  membahayakan diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita, kita sering lupa untuk mengimplementasikan safety lab. Untuk itu prodi S1 Kimia mengadakan workshop  safety lab  sebagai bahan acuan dan panduan  bagi mahasiswa baru  dalam  pengenalan laboratorium dimana mereka akan melakukan praktikum.  Workshop  ini bertujuan untuk mengajarkan keamanan dan kedisiplinan ketika berada di laboratorium serta menerapkan MSDS (Material Safety Data Sheet) yang pada prinsipnya agar kesehatan dan keselamatan kita tetap terjaga pada waktu berkerja menggunakan bahan kimia. Workshop  Safety Lab dilakukan pada September 2013. Acara workshop safety lab ini membahas tentang tata cara berada di laboratorium,  bahaya bahan  kimia, tingkah laku yang dilarang, dan cara-cara praktikum, tutur Jumardin  Ruan  selaku  peserta.
Dalam workshop safety lab diterangkan juga mengenai alat-alat perlindungan  diri. Baik perlengkapan  personal  maupun  peralatan  keamanan bersama. Peralatan   personal   yang digunakan berdasarkan MSDS meliputi perlindungan mata yang berbentuk seperti kacamata, masker, jas.

Kegiatan workshop safety lab ditutup dengan acara latihan pemadam kebakaran. Peserta diberikan pelatihan untuk memadamkan api dengan alat pemadam api ringan (APAR). Setelah selesai workshop safety lab, kami mengadakan wawancara dengan peserta safety lab mengenai pesan dan kesan acara workshop safety lab. Saya merasa banyak mendapat manfaat dan pembelajaran tentang safety lab, selain itu  saya sangat  tertarik dengan pelatihan pemadam kebakaran walaupun praktiknya sederhana ujar salah satu peserta workshop safety lab. Selain itu ada pesan-pesan yang di sampaikan dari peserta work- shop safety lab mengenai jadwal keterlambatan  waktu sehingga mem- buat mereka terlalu lama menunggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar