About Us

Welcome to our site !!! Please enjoy it . . . *^o^*

Jumat, 16 Mei 2014

AIR

Air adalah benda cair yang terdiri dari oksigen dan hydrogen dalam kadar-kadar tertentu. Peranan air dalam kehidupan sungguh besar. Mekanisme kompleks kehidupan tidak mungkin dapat berfungsi dalam satu lingkungan selain dalam lingkungan cair, dan satu satunya cairan untuk itu adalah air. Sebagian besar bumi kita adalah air, bahkan sebagian besar diri kita sebagai manusia juga adalah air. Alloh SWT telah menggaris bawahi dalam al-qur’an bahwa :

  وَجَعَــلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْئٍ حَيٍّ
      “Kami jadikan dari air segala sesuatu hidup” (QS Al-Anbiya’121)
Ini berarti segala yang hidup membutuhkan air, pemeliharaan kehidupan segala sesuatu dengan air. Kebenaran pernyataan tuhan ini telah terbukti melalui penemuan lebih dari satu cabang ilmu pengetahuan. Sitologi (ilmu tentang susunan dan fungsi sel)  misalnya menyatakan bahwa air adalah komponen terpenting dalam pembentukan sel yang merupakan satuan bangunan pada setiap makhluk hidup, baik hewan ataupun tumbuhan. Sedang biokimia menyatakan bahwa air adalah unsur yang sangat penting pada setiap interaksi dan perubahan yang terjadi di tubuh makhluk hidup . Air berfungsi sebagai media, faktor pembantu ,bagian dari proses interaksi, atau bahkan hasil dari proses interaksi itu sendiri. Sedangkan fisiologi menyatakan bahwa air sangat dibutuhkan agar masing-nasing organ dapat berfungsi dengan baik. Hilangnya fungsi itu akan berarti kematian.
          Air telah Alloh ciptakan sedemikian rupa, sehingga ia memiliki keunikan dibanding cairan lain. Lihatlah es, ia menjadi lebih ringan dari air, karena itu ia mengapung. Itulah salah satu sifat dari air yang unik. Anda bisa bayangkan jika air tidak bersifat demikian yakni es tidak mengapung, dan air yang ada dibagian bawah akan naik kepermukaan dan pada saatnya akan menjadi es. Akan tetapi,  mengapa air demikiaitu sifatnya berbeda dengan cairan lain, dan siapa yang berada di balik semua ini, maka tidak ada jawaban yang dapat diberikan kecuali bahwa itu adalah ciptaan Alloh SWT. Karena berkata kebetulan adalah sesuatu yang tidak masuk akal
لَوْ نَشَاُ جَعَلْنَاهُ أُجَاجًا فَلَوْلاَ تَشْـكُرُوْنَ                                
Dalam QS Al-Waqi’ah tersebut, Alloh mengubah perhatian kitdengan firman-Nya, maka apakah kamu telah melihat, dengan mata kepala atau hati, keadaan yang sungguh menakjubkan pada air yang dari saat ke saat kamu minum, Kamu kah yang menciptakannya tawar atau mengatur prosesnya menjadi tawar dan memiliki sifat yang unik lalu menurunkannya dari awan dalam keadaan enak diminum ataukah kami penurunnya ? kalau kami menghendaki niscaya kami menjadikannya air yang turun itu asin lagi sangat pahit membakar perut, serupa dengan rasanya sebelum menguap dari laut sehingga tidak dapat kamu minum, Maka mengapakah kamu tidak terus menerus bersyukur kepada Alloh SWT yang menjadikan tawar dan enak diminum ?
Menyangkut air bumi Alloh SWT berfirman :
قُلْ اَرَاَيْتُمْ اِنْ اَصْبَحَ مَاؤُكُمْ غَوْرًا فَمَنْ يَأْتِيْكُمْ لِمَاءٍ مَعِيْنٍ           
“Katakanlah (wahai nabi Muhammad) kepada mereka yang lalai menyangkut ni’mat air.” Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu surut masuk ke kedalaman bumi sehingga menghilang dari permukaan, sumur menjadi kering dan sumber air lainnya tak dapat anda jangkau maka siapakah yang akan mendatangkan buat anda air yang mengalir atau memancar ? pasti tidak satupun kecuali Rabb al- Alaminnn, sang pemelihara seluruh alam (QS Al-Mulk 67) Di musim kemarau perintah tuhan di atas dirasakan oleh tidak sedikit dari anda.
          Air selalu mengalir ke tempat yang rendah, dan mengambil bentuk bejana yang memuatnya. Kita harus menarik pelajaran dari air, antara lain bahwa walau ia selalu mengalir ke tempat yang rendah, dan mengambil bentuk bejana yang memuatnya, namun ia sangat-sangatlah kuat dan semua makhluk membutuhkanya.
          Air dalam dunia spiritual adalah tuntunan ilahi, karena itu ajaran agama dinamai syariat yang secara harfiah berarti sumber air. Kalau tanpa air yang terdiri dari oxigen dan hidrogen (H2O) itu kita tidak dapat hidup didunia fisik ini, maka tanpa tuntunan agama yang terdiri dari Qur’an and Hadits, kitapun tidak akan hidup dalam dunia spiritual, dan takan hidup di akhirat nanti dengan dengan kehidupan yang berkualitas, tapi tidak juga mati sehingga terbebaskan dari kehidupan demikian.


sihab, Quraisy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar